Uruguay Pecahkan Kutukan dengan Kemenangan 2-0 atas Brasil. Tangkapan Layar diambil dari Youtube Hoang Hai Decor.
Wisataku Literasi - Uruguay menciptakan sejarah dengan mengalahkan Brasil dalam pertandingan internasional, mengakhiri kutukan 12 pertemuan tanpa kemenangan. Pada Rabu (18/10/2023), di Estadio Centenario dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2026, meskipun Brasil dianggap lebih unggul secara teoritis, Uruguay berhasil meraih kemenangan 2-0.

Uruguay tampil jauh lebih kuat dan komprehensif kali ini. Mereka membiarkan Brasil menguasai bola, namun berhasil menciptakan lebih banyak peluang serangan.

Dua gol kemenangan Uruguay dicetak oleh Darwin Nunez di menit ke-42 dan Nicolas de la Cruz di menit ke-77, sementara Brasil tak mampu membalas. 

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan tempo yang sedang, dengan Brasil mencoba mengambil inisiatif serangan, tetapi Uruguay bertahan dengan baik.

Tidak ada upaya tembakan yang signifikan dari kedua tim dalam 30 menit pertandingan. Brasil menguasai permainan dengan memiliki bola lebih lama, sementara Uruguay lebih memilih bermain bertahan.

Namun, malah Uruguay yang membuka keunggulan pertandingan. Di menit ke-42, umpan silang dari Araujo berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Nunez. Gol! Uruguay 1-0 Brasil.

Baca Juga: Pemerintah Iran Bantah Laporan Hukuman Cambuk Ronaldo

Pada babak kedua, Brasil mencoba meningkatkan tempo dan hampir mencetak gol melalui tembakan Rodrygo di menit ke-69 yang mengenai tiang gawang, dengan Uruguay masih beruntung.

Namun, di menit ke-77, Uruguay justru berhasil mencetak gol kedua. Nunez memberikan umpan ke dalam kotak penalti, dan De La Cruz siap menyelesaikannya. Gol! Uruguay 2-0 Brasil.

Brasil tidak mampu mencetak gol balasan hingga akhir 90 menit, dengan begitu Uruguay meraih kemenangan 2-0. 

Susunan pemain:

URUGUAY (4-3-3): Sergio Rochet; Nahitan Nandez (68' Bruno Mendez), Ronald Araujo, Sebastian Caceres, Mathias Olivera (84' Matias Vina); Federico Valverde, Manuel Ugarte, Nicolas de la Cruz; Facundo Pellestri (87' Joaquin Piquerez), Darwin Nunez, Maximiliano Araujo (87' Matias Vecino). Pelatih: Marcelo Bielsa.

BRASIL (4-2-3-1): Ederson; Yan Couto (73' David Neres), Marquinhos, Gabriel Magalhaes, Carlos Augusto (73' Arana); Casemiro, Bruno Guimaraes (84' Raphael Veiga); Rodrygo, Neymar (45' Richarlison), Vinicius Junior (84' Matheus Cunha); Gabriel Jesus.