Kawanan monyet liar kembali memasuki area pemukiman warga di Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim)
Kawanan Monyet Liar Bergelayut di atas Kabel

Jaktim, Wisataku Literasi - Kawanan monyet liar kembali memasuki area pemukiman warga di Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim), menyebabkan kekhawatiran di antara penduduk RW 01 dan RW 08 di Kelurahan/Kecamatan Cipayung. 

Sekitar tujuh ekor monyet liar tersebut sedang bergerak di sekitar lingkungan pemukiman, bergelayut di atas kabel udara, dan melompat di atas atap-atap rumah warga. 

Salah seorang warga mengungkapkan bahwa kelompok monyet liar ini pertama kali terlihat di Kelurahan Munjul sejak Sabtu (30/9). Namun, Hari ini, Senin (2/10/2023), mereka kembali berpindah-pindah di pemukiman warga Cipayung. 

Meskipun belum ada laporan masuknya monyet ke dalam rumah, kehadiran mereka membuat warga khawatir akan serangan dan penyebaran penyakit rabies. Warga menduga bahwa kawanan monyet liar ini awalnya berasal dari Buperta Cibubur. Namun, mereka kemudian masuk ke dalam pemukiman warga di Kecamatan Cipayung untuk mencari makanan. 

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jaktim, Gatot Sulaeman, mengonfirmasi bahwa tim pemadam kebakaran telah melakukan pencarian untuk mengusir kawanan monyet liar ini dari pemukiman warga RW 01 dan RW 08 Kelurahan Cipayung. "Pencarian dimulai pukul 11.01 WIB dan selesai pukul 12.10 WIB. Untuk monyet nihil, tidak terlihat di lokasi," kata Gatot. 

Meskipun demikian, pihak berwenang tetap berusaha menangkap kawanan primata bebas tersebut jika mereka kembali terlihat di pemukiman warga. Peristiwa monyet liar masuk ke dalam pemukiman Cipayung sebelumnya telah terjadi beberapa kali, termasuk pada Selasa (28/4/2020) dan Sabtu (17/6/2017). (Dari berbagai sumber/Irwan).