Eden Hazard
Bintang Belgia, Eden Hazard. Foto: IG@hazardeden_10

Belgia, Wisataku Literasi - Eden Hazard bintang Belgia, 32 tahun, resmi pensiun dari sepak bola. Hazard, pemain Belgia terkemuka, menonjol di era 2010-an dan merupakan salah satu yang paling bersinar dalam sejarah sepak bola Belgia.

Hazard mengatakan, "Setelah 16 tahun dan 700+ pertandingan, saya memutuskan berhenti sebagai pesepakbola profesional karena harus mendengarkan diri sendiri."

Dalam kariernya, Hazard sukses dengan gelar Liga Premier Inggris, Piala FA, Piala Liga, serta dua kali gelar Liga Europa. Musim 2014/2015, ia raih Penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris & Pemain Terbaik Chelsea selama empat musim, menegaskan peran pentingnya.

Keberhasilannya di Chelsea membawanya ke Real Madrid pada tahun 2019 saat usianya 28 tahun dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro. Sayangnya, performa Hazard di Real Madrid mengalami penurunan yang signifikan. Ia mengalami masalah cedera tubuh dan kesulitan untuk bersaing mendapatkan tempat di tim utama. Waktu bermainnya di Real Madrid jauh lebih sedikit daripada di Chelsea dan Lille.

Baca Juga: Barcelona Vs Granada Bermain Imbang di Pekan Kesembilan Liga Spanyol

Meskipun jarang bermain, Hazard meraih berbagai gelar prestisius seperti La Liga, Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan lainnya.

Hazard menyimpulkan, "Sepanjang karier saya, saya sangat beruntung bisa bekerja dengan berbagai pelatih dan bermain bersama rekan setim yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada semua. Akan merindukan kalian."

"Ini saatnya bagi saya untuk menikmati waktu bersama orang-orang tercinta dan menjalani pengalaman baru. Sampai jumpa di luar lapangan, teman-teman semua." (Dari berbagai sumber/Irwan).