20 ribu anak dki stunting heru budi kita rawat semoga anggaran cukup
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyebut sekitar 20 ribu anak DKI Jakarta mengalami stunting

Jakarta, Wisataku Literasi - Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyebut sekitar 20 ribu anak DKI Jakarta mengalami stunting. Heru menyatakan Pemprov DKI Jakarta, DPRD DKI Jakarta, dan kelurahan sedang mendata anak-anak stunting.

"Stunting di DKI saat ini sekitar 20 ribu anak. Kami bersama DPRD telah mencari anak-anak yang mengalami stunting," kata Heru Budi setelah rapat di DPRD DKI Jakarta pada Kamis (5/10/2023).

Heru menyatakan bahwa anak-anak yang terdata mengalami stunting akan mendapatkan perawatan dari Dinas Kesehatan dan pihak terkait. Dia berharap anggaran yang tersedia cukup untuk mengatasi masalah anak stunting ini.

"Jika anak terdata, kami akan memberikan perawatan. Semoga anggaran tersedia untuk pulih dari stunting," jelasnya.

Heru menyebut ada standar medis untuk penanganan anak stunting, termasuk menjaga berat badan dan memberikan asupan gizi yang memadai.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyatakan sekitar 36 ribu balita di Jakarta memiliki masalah gizi dan risiko stunting. Namun, dalam 3 bulan, jumlah itu berhasil berkurang 20%.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mencegah ribuan balita berisiko stunting.

Mereka akan mengambil langkah untuk memberi makanan berprotein tinggi untuk mencegah stunting, karena penyembuhan lebih sulit daripada pencegahan. (Dari berbagai sumber/Irwan).