Sikap NasDem Tak Ajukan Nama Pengganti Usai SYL Mundur dari Menteri
Momen Syahrul Yasin Limpo saat berbicara atas masalah yang tengah dihadapi di kantor Nasdem

Jakarta, Wisataku Literasi Syahrul Yasin Limpo (SYL), kader NasDem, telah secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian. Partai NasDem tidak mengajukan calon pengganti untuk mengisi posisi SYL.

Pada tanggal 5 Oktober, SYL mengajukan pengunduran diri ke Kantor Kemensetneg dengan mendapatkan pendampingan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

SYL mengundurkan diri karena masalah hukum yang tengah dihadapinya. Dia siap menghadapi proses hukum dengan serius dan berharap tidak ada stigmatisasi atau asumsi kesalahan sebelumnya.

"Saya berharap jangan ada stigma dan presumption of innocence maksudnya menghakimi saya, biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi," ujar SYL.

Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri SYL sebagai Menteri Pertanian dan telah menandatangani surat tersebut. Jokowi kemudian menunjuk Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo, sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian.

Jokowi menyatakan bahwa penggantian SYL masih dalam status Pelaksana Tugas, dan Arief Prasetyo akan mengisi posisi tersebut. Presiden juga menyatakan bahwa dia akan segera menyiapkan penggantian definitif.

Partai NasDem menjelaskan bahwa mereka tidak akan mengusulkan nama calon pengganti untuk SYL kepada Presiden Jokowi. Mereka sepenuhnya mempercayakan keputusan tersebut kepada presiden. Bendahara Umum NasDem, Ahmad Sahroni, menekankan bahwa partai tersebut akan mengikuti arahan Presiden dalam hal ini. (Dari berbagai sumber/Irwan).