Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sudah kembali ke Indonesia
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah kembali ke kantor Kementan 

Jakarta, info scape - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah kembali ke kantor Kementan setelah terdengar berita bahwa dia telah kembali dari kunjungan kerja di luar negeri. Pada malam sebelumnya, Mentan terlihat langsung bertemu dengan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, begitu tiba di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun, pada hari Kamis (5/10/2023), SYL tiba di Gedung A Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, pukul 10.18 WIB. Dia mengenakan baju batik.

SYL tidak mengucapkan sepatah kata pun. Dia segera masuk ke dalam gedung Kementan, diterima dengan hangat oleh pegawai Kementan dan langsung berjabatan tangan.

Informasi SYL sebagai Tersangka Sudah Lama Beredar

Status Mentan SYL jadi sorotan karena dia ditetapkan tersangka oleh KPK. Meski belum resmi diumumkan KPK, informasi ini sudah disetujui oleh Menko Polhukam, Mahfud Md.

Menurut Mahfud di kompleks Istana, Jakarta, pada Rabu (4/10/2023), "Bahwa dia (SYL) sudah tersangka? Ya, saya sudah mendapatkan informasi, bahkan sejak awal eksposenya, dia sudah lama menjadi tersangka, hanya saja pengumuman resmi tentang statusnya sebagai tersangka belum dilakukan."

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, juga mengonfirmasi bahwa KPK telah melakukan penggeledahan terkait dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Alexander menegaskan bahwa penggeledahan hanya berlaku pada tahap penyidikan dengan tersangka yang sudah ditetapkan oleh KPK.

Alexander mengatakan, "Penggeledahan dan penyitaan adalah tindakan paksa yang hanya dapat dilakukan selama tahap penyidikan."

KPK juga telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan SYL pada hari Kamis (28/9) dan di ruang kerjanya di kantor Kementan pada Jumat (29/9).

"Prosedur di KPK, dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan, memerlukan minimal dua alat bukti dan identifikasi tersangka pelaku pidana," jelas Alexander.

"Sosok tersangka dalam kasus korupsi di Kementan, silakan Anda tarik kesimpulan sendiri," tambahnya. (Dari berbagai sumber/Irwan)

Baca Juga: Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK