Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: IG@luhut.pandjaitan

Jakarta, Wisataku Literasi - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan tanggapan terkait kesehatan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bahlil mengkonfirmasi bahwa saat ini Luhut masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

"Saya belum berbicara dengan dokter, jadi saya belum bisa menjelaskan secara medis," ujar Bahlil di Kompleks Istana Kepresidenan pada tanggal 10 Oktober 2023. 

"Masih berada di rumah sakit," tambahnya saat ditanya tentang perkembangan terkini.

Bahlil juga mengucapkan doa agar Luhut dapat segera pulih. "Sebagai menteri di bawah kepemimpinan Menko Luhut, saya mendoakan dan memberikan support agar Opung bisa pulih dengan cepat. Kehadiran Opung sangat penting dalam koordinasi karena beliau adalah guru dan mentor bagi kami," ungkap Bahlil.

Sebelumnya, Juru bicara Luhut Jodi Mahardi mengatakan bahwa Luhut saat ini dalam kondisi baik dan berada di Jakarta. Jodi tidak memberikan informasi apakah Luhut sedang menjalani perawatan di rumah sakit atau tidak.

"Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta," kata Jodi kepada wartawan, (9/102023). 

Jodi juga mengungkapkan bahwa dokter telah menyarankan Luhut untuk beristirahat guna mempercepat pemulihannya. "Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan istirahat agar kesehatannya dapat pulih dengan lebih cepat," jelasnya.

Namun, Jodi tidak yakin apakah Menko Marves Luhut akan hadir langsung di KTT Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) di Bali pada 10-11 Oktober 2023. "(Pak Luhut) masih berada di Jakarta sekarang. Kehadirannya di Bali akan tergantung pada kondisi kesehatannya nanti," pungkasnya. (Dari berbagai sumber/Irwan).