Di Kalimantan Selatan, lebih tepatnya di Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, terhampar sebuah destinasi wisata yang benar-
Kalimantan Selatan: Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan

Kalimantan, Wisataku Literasi - Di Kalimantan Selatan, lebih tepatnya di Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, terhampar sebuah destinasi wisata yang benar-benar unik dan menarik, yakni Pasar Terapung Lok Baintan.

Tempat ini menjadi saksi dari tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad di daerah ini. Aktivitas jual beli di pasar terapung ini dimulai setiap hari dari pukul 06.00 hingga 09.00 Wita. Pasar terapung ini istimewa karena mayoritas pedagangnya adalah perempuan paruh baya yang mahir mengelola dagangan di perahu-perahu kecil mereka.

Pedagang-pedagang berbakat di Pasar Terapung Lok Baintan dengan penuh semangat menawarkan beragam hasil kebun segar, beraneka ragam sayuran, dan berbagai jenis ikan. Barang-barang yang mereka jual tidak jauh berbeda dengan apa yang dapat Anda temui di pasar tradisional pada umumnya. Namun, atmosfer unik yang tercipta dari latar belakang yang sangat khas dan tradisi yang mendalam yang terus dilestarikan adalah yang membedakan Pasar Terapung Lok Baintan dari pasar-pasar lainnya.

Sejarah Pasar Terapung

Di Kalimantan Selatan, lebih tepatnya di Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, terhampar sebuah destinasi wisata yang benar-
Kalimantan Selatan: Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan. Foto: IG@ikhsaneffendi
Sejarah pasar terapung ini sangat menarik. Masyarakat telah mewariskan tradisi ini dari generasi ke generasi, bahkan hingga saat ini. Ketika pasar terapung ini pertama kali muncul, masyarakat melakukan transaksi jual beli dengan sistem barter. Pedagang akan membawa hasil bumi mereka ke pasar, dan pertukaran barang akan terjadi.

Konsep barter ini mencerminkan cara hidup dan mata pencaharian masyarakat di sekitar sungai yang memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Meskipun pasar terapung ini telah berkembang seiring berjalannya waktu, akar budaya barter masih dapat terasa dalam atmosfer pasar.

Berbagai Pilihan Akses ke Pasar Terapung Lok Baintan

Ketika merencanakan kunjungan ke Pasar Terapung Lok Baintan, Anda bisa mencapainya melalui dua pilihan jalur. Satu, naik klotok, perahu tradisional Kalimantan Selatan di sungai. Perjalanan sungai menawarkan pemandangan alam indah dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat

Alternatif kedua adalah jalur darat, lebih nyaman bagi beberapa orang. Jalur darat membawa Anda melalui pemandangan pedesaan yang indah menuju Pasar Terapung Lok Baintan.

Perjalanan darat, lebih mudah diakses, memungkinkan Anda melihat lebih banyak aspek kehidupan pedesaan Kalimantan Selatan.

Keunikan dan Keramahan di Pasar Terapung Lok Baintan

Tiba di Pasar Terapung Lok Baintan, rasakan sambutan hangat penduduk. Mereka dengan senang hati akan memperkenalkan produk dan berbagi sejarah serta budaya pasar terapung ini. Anda juga dapat menikmati hidangan lokal yang lezat yang pedagang di sekitar pasar sajikan.

Pasar Terapung Lok Baintan adalah tujuan wisata istimewa yang unik di Kalimantan Selatan. Ini adalah perpaduan keindahan alam, budaya kaya, dan keramahan penduduk setempat yang membuatnya istimewa. Kunjungi Pasar Terapung Lok Baintan yang unik dan memukau saat di Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Petualangan di Taman Labirin Pelaihari: Agrowisata Tersembunyi di Kalimantan Selatan