info scape - Goa Batu Hapu terletak di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, dan dikenal sebagai salah satu geosite unik dalam Geopark Meratus.
Keindahan dan Keajaiban Goa Batu Hapu Kalimantan Selatan. Foto: IG@disbudpartapin

Kalimantan,Wisataku Literasi - Goa Batu Hapu terletak di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, dan dikenal sebagai salah satu geosite unik dalam Geopark Meratus. Banyak kalangan, termasuk pecinta alam dan peneliti, mengunjungi tempat ini karena keunikan geologisnya yang menakjubkan, menjadikannya sangat populer. Nama "Hapu" yang melekat pada geopark ini memiliki arti "kapur" dalam bahasa Jawa, merujuk pada salah satu fitur utamanya.

Keajaiban Stalagmit dan Stalaktit di Goa Batu Hapu

Masa transmigrasi penduduk Jawa pada sekitar tahun 1970-an merupakan awal mula dari popularitas Goa Batu Hapu yang dapat ditelusuri kembali. Pada periode ini, orang mulai mengunjungi goa ini karena fenomena geologis yang menarik, yaitu keberadaan batu kars berupa stalagmit dan stalaktit. Suara tetesan air dari kedua jenis batu ini menciptakan pengalaman yang mengagumkan bagi para pengunjung saat berada di dalam goa.

Stalagmit adalah formasi batu yang terbentuk dari kumpulan kalsium karbonat dan tumbuh secara vertikal dari dasar goa ke atas. Sementara itu, stalaktit memiliki bentuk runcing dengan lubang-lubang dan tumbuh mengarah ke bawah. Kedua jenis batu ini menciptakan pemandangan yang spektakuler di dalam Goa Batu Hapu.

Spektakuler "Ray of Light" di Goa Batu Hapu

Salah satu momen paling terkenal di Goa Batu Hapu adalah saat terjadinya "ray of light." Pengunjung sangat mengantisipasi momen ketika sinar matahari tembus ke dalam goa pada pukul 12.00-13.00 WIB, menciptakan kontras menakjubkan dengan kegelapan yang mendominasi goa.

Selain itu, tiga goa rahasia yang tidak dapat dikunjungi oleh masyarakat umum juga ada di Goa Batu Hapu. Bahkan, pemandu wisata juga tidak memiliki pengetahuan yang pasti tentang isi dari ketiga goa tersebut. Hanya Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) dan para peneliti yang tertarik dengan aspek geologi yang lebih dalam telah menjelajahi goa-goa rahasia ini.

Geologi Goa Batu Hapu: Sejarah Jutaan Tahun

Secara geologi, Goa Batu Hapu terletak di dalam kawasan cekungan Barito. Formasi geologis di sini memiliki usia sekitar 16-36,5 juta tahun yang lalu, berada dalam periode oligosen-miosen awal. Hal ini menjadikan Goa Batu Hapu sebagai situs yang berharga bagi ilmu pengetahuan dan penelitian geologi.

Dengan keindahan alam dan keunikan geologisnya, Goa Batu Hapu adalah salah satu destinasi yang paling menarik di Kalimantan Selatan, menarik wisatawan dan peneliti dari berbagai latar belakang untuk menjelajahi keajaiban bawah tanah yang luar biasa ini. (Irwan Sudirman)

Baca Juga: Kalimantan Kalimantan Selatan: Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan