Gibran
Gibran Rakabuming Raka. Foto: IG@gibran.rakabuming_

Jakarta, Wisataku Literasi - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Solo telah mengajukan nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Gibran memberikan tanggapannya terhadap usulan tersebut di Balai Kota Solo pada hari Rabu (11/10/2023).

Gibran menanggapi usulan tersebut dengan nada santai, mengatakan, "Ya tanya Gerindra, nggak ada tanggapan apa-apa. Ya nggak tahu, nggak diberi tahu (soal usulan itu)." 

Dia juga ditanya apakah partainya akan melaporkan usulan dari DPC Gerindra Solo ini kepada PDIP. Gibran menyatakan bahwa partainya sudah memahami dinamika yang ada, "Ya saya kira partai (PDIP) sudah aware dengan dinamika yang ada."

Saat pertemuan dengan Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, di Balai Kota Solo pada hari Selasa (10/10), Gibran menjelaskan bahwa tidak ada pembahasan yang mencakup dukungan tersebut. Gibran menyatakan, "Urusan Gerindra pasti diarahkan ke kader-kader Gerindra, DPC (Gerindra) saya tidak tahu menahu."

Ketika ditanya mengenai beredarnya berbagai kaus bertulisan 'Prabowo-Gibran', Gibran menganggapnya sebagai inisiatif dari warga. Dia menyatakan, "Ya takono (tanyakan) yang mencetak kaus ya. Beda urusan kalau yang mencetak saya, yang memasang baliho saya. Itu inisiatif warga, itu tidak boleh dibendung."

Sebelumnya, DPC Partai Gerindra Kota Solo telah mengusulkan nama Gibran sebagai bacawapres yang akan mendampingi Prabowo. Nama Gibran muncul setelah hasil Rapat Pimpinan Gerindra Surakarta.

Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, menjelaskan bahwa dalam rapat pimpinan yang berlangsung pada Senin hingga Selasa, nama Gibran direkomendasikan untuk diusulkan ke DPD dan DPP Partai. 

Ardianto menyampaikan, di kantor DPC PDIP Solo, Selasa (10/10) "Dalam rapat pimpinan, kami dengan suara bulat menyepakati merekomendasikan dan mengusulkan bahwa Wali Kota Surakarta, Bapak Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024." (Dari berbagai sumber/Irwan).