Tim gabungan TNI-Polri melakukan pencarian di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, setelah pertempuran dengan KKB
Ilustrasi: Operasi Gabungan

Papua, Wisataku Literasi - Tim gabungan TNI-Polri melakukan pencarian di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, setelah pertempuran dengan KKB.

Dalam operasi ini, kami berhasil menewaskan satu anggota KKB dan kami berhasil menyita satu senjata api (senpi) dengan laras pendek.

Hasil Operasi: Anggota KKB Tewas dan Senjata Api Disita

Kombes Faizal Ramadhani, Kasatgas Damai Cartenz, menyebut anggota TNI-Polri menemukan satu lagi anggota KKB selama pencarian.

Selama operasi pencarian, tim berhasil menemukan satu senjata api (senpi) dengan laras pendek.

"Benar, setelah melakukan penyergapan, anggota kami melakukan pencarian ulang di TKP dan menemukan satu anggota KKB lagi yang tewas serta satu senpi dengan laras pendek," ujar Faizal dalam pernyataannya pada Sabtu (30/9). 

Faizal menyebut berhasil mengevakuasi 5 jenazah dan mengamankan 2 senpi laras panjang serta 1 senpi laras pendek.

Sementara itu, AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Damai Cartenz, mengkonfirmasi penemuan tiga senjata api, termasuk SS1, USA Nouves, dan FN laras pendek.

"Senpi laras panjang jenis SS1 tanpa Lade, satu pucuk senpi laras panjang jenis USA NOUVES (varian M4), dan satu pucuk senpi laras pendek jenis FN," kata Bayu Suseno.

Selain senpi, aparat juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk bendera bintang kejora, amunisi, handy-talky (HT), dan handphone.

Hingga saat ini, kami belum dapat mengidentifikasi identitas kelima anggota KKB tersebut.

Sebelumnya, tim gabungan TNI-Polri menetralisir empat anggota KKB yang sering terlibat kerusuhan di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Kombes Faizal Ramadhani, Kasatgas Damai Cartenz 2023, menduga anggota KKB yang tewas terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan bersenjata di Papua. Kejadian ini terjadi di Distrik Oksibil pada hari Senin (18/9) dan di Distrik Serambakon pada Selasa (19/9) sebelumnya. (Dari berbagai sumber/Irwan).