Foto bersama Tim Wisatakuwisataanda Setelah Sampai di Puncak Karomba

Pinrang, Wisataku Literasi - Tim Wisatakuwisataanda mengunjungi Puncak Karomba, salah satu destinasi wisata baru di Pinrang, sekitar satu tahun yang lalu. Awalnya, kami sebenarnya berencana untuk berwisata ke Air Terjun Karawa bersama teman-teman, tetapi malah tersesat dan akhirnya berakhir di Puncak Karomba. Kami juga memutuskan untuk mengunjungi tempat ini untuk menghilangkan stres sebelum menghadapi ujian nasional (UN).

Kami penasaran dengan informasi yang diberikan oleh salah satu Tim Wisatakuwisataanda bernama Pammang, katanya "Jika ingin menghilangkan stres sebelum UN, kunjungi Vila di sini, pasti kalian akan kagum dengan panorama alamnya." Namun, tempat ini belum begitu dikenal karena lokasinya yang jauh dan akses jalannya yang berbatu serta licin saat hujan.

"Kita akan pergi ke Vila yang terletak di Gunung Karomba. Jangan khawatir tentang perlengkapan untuk bermalam di sana, kita akan menyiapkannya di rumah saya nanti," ujarnya.

Kami setuju untuk berwisata di Vila yang teman saya sebutkan, dan kami telah menyiapkan semua perlengkapan. Sebelum dibuka resmi pada bulan Juni 2016, warga sering menyebut Puncak Karomba sebagai "Vila di Atas Gunung". Sekarang dikenal sebagai Puncak Karomba, menarik pengunjung dari luar kota Pinrang untuk menikmati wisata dan suasana dingin di puncak.

Salah satu kekurangannya adalah akses jalan yang panjang dan berbatu, bahkan ban motor saya kempes. Beruntungnya, ada seorang warga yang memiliki bengkel sederhana untuk memompa ban motor, meskipun tidak ada warung makan atau fasilitas lain untuk pengunjung saat itu. Mungkin karena saat itu tempatnya belum diresmikan.

Tim berharap berharap kondisinya sekarang berbeda, dan saya berencana untuk mengunjungi kembali Puncak Karomba serta menghubungi teman-teman yang pernah bersama saya kesana saat menjelang lulus sekolah, meskipun harus menunggu waktu yang tepat mengingat kesibukan masing-masing dari kami setelah lulus.

Sedikit informasi mengenai Puncak Karomba

Puncak Karomba berlokasi di Desa Sali-Sali, Kecamatan Lembang, berbatasan dengan Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Selatan.

Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam yang mengagumkan dari ketinggian hampir 1.200 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Untuk mencapai Puncak Karomba, tempuhlah jarak sekitar 80 km dari Kota Kabupaten Pinrang dalam tiga jam menggunakan kendaraan pribadi.

Di puncak Gunung Karomba, terdapat beberapa bangunan vila dan kolam renang, serta jembatan yang bagus untuk berfoto selfie.

Semoga informasinya bermanfaat wassalam.

Baca Juga: Pesona Pantai Eksotis Pulau Lae Lae di Makassar